Pola Interaksi Dalam Ekosistem Kehidupan

 


Pola interaksi dalam ekosistem dimanapun itu akan selalu berhubungan dan juga yang tidak berhubungan atau secara jelasnya kita sebut netralisme yaitu hubungan antara makhluk hidup berbeda jenis yang tidak saling mempengaruhi, meskipun makhluk hidup tersebut berada dalam habitat yang sama. Pola interkasi ini maupun manusia dan hewan sistemnya hampir mirip keseluruhan kita saling menempati tempat yang saling berpengaruh satu sama lain.

Kita bahas dahulu yang tidak berhubungan dalam dunia hewan seperti; kucing dan ayam yang berada di tempat yang sama tetapi tidak saling berpengaruhi karena memiliki jenis pakan yang berbeda, Hubungan ini tidak saling menguntungkan dan merugikan. Tidak seperti manusia yang memiliki "pakan" yang hampir sama terhadap hewan tetapi rasa value untung atau tidaknya manusia tersebut tergantung perasaan dan hitung-hitungan manusia tersebut, hah gimana maksudnya? jadi ada kalanya manusia merasa diuntungkan dalam keadaan teori sedang rugi, ada kalanya juga manusia merasa untung dikala teori menyebutkan itu kerugian. Manusia terkesan lebih rubit dari hewan dikarena akal manusia yang terlalu pintar, tidak seperti hewan yang memiliki sifat kerugian dan keuntungan yang kongkret dikarena akal hewan sedikit terbatas untuk berpikir.

Kita coba terangkan beberapa pola interaksi:

  • Persaingan adalah tingkah laku makhluk hidup merebutkan kebutuhan yang sama demi kepentingan masing-masing.
  • Pemangsaan adalah pencarian bahan makanan yang berasal dari sesama makhluk hidup.
  • Kerjasama adalah tingkah laku kesepakatan dengan makhluk hidup orang lain untuk mencapai goals yang sama
  • Antibiosis atau merugikan yang menyeluruh alias menghambat pertumbuhan makhluk hidup lain.
Dari kita lihat pola-pola diatas sejatinya itu bersumber berasal dari behaviour hewan tetapi ketika kita teliti secara dalam ternyata sifat-sifat seperti itu dalam dunia manusia juga ada dan kita bisa jumpai itu dimana saja. Menurut kalian lebih buruk interaksi hubungan antara manusia kepada manusia atau hewan kepada hewan? jawabannya tergantung lingkungan. Walaupun manusia terkesan dianugrahi akan yang sempurna tetapi ada kalanya manusia memiliki kecacatan dalam behaviour interaksi sesama makhluk hidup dikarena lingkungan yang buruk seperti;kemiskinan, kegagalan, frustasi dan semacamnya. Tidak seperti hewan yang tidak akan memiliki sifat perubahan interaksi drastis ketika keadaan lingkungan memburuk seperti harimau yang akan tetapi menunggu daging segar dan tidak akan menyentuh satupun tanaman untuk makan hingga mati kelaparan.~artikel masih belum beres.... 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak