Cara Menghitung Biaya Google Ads atau SEM

Jaman makin maju tapi terkadang hidup kita diam ditempat kalau tidak tau apa itu Google Ads, Iya Google iyaa itu mesin pencarian. Kalau anda-anda user ini tidak tau google ads berarti anda itu masih kuno!. Google Ads adalah platform atau tools khusus dari google untuk kalian-kalian yang punya duit lebih tapi bisnisnya MANDEG di sales gitu-gitu aja dan bikin frustasi, tools ini membantu kalian untuk menjangkau orang-orang di seluruh dunia tergantung target market kamu seperti apa.

MENGENAL SISTEM AUCTION

Di dalam dunia digital marketing, kita mengenalnya REAL TIME BIDDING/lelang, bukan judi tapi mirip lelang angka yang kalian tetapkan dalam iklan kalian bisa disebut RTB jadi singkatnya para kalian-kalian tuh saling bersaing harga lelang slot/tempat ngiklan di dunia google, siapa yang paling besar memberikan harga di dalam keyword yang taruhkan makan dia akan memenangkannya dan menjadikan iklan kalian akan lebih sering muncul, paling atas, atau mungkin diunggulkan. Kamu punya uang, Kamu punya kuasa *sambil angkat tangan.

Tapi uang saja tidak cukup untuk mendapatkan sales besar, tapi kecerdasaan kalian dalam memilih keyword yang belum banyak digunakan lalu menggunakan dana medioker itu terbaik. Didalam sistem lelang ini tidak ada batas harganya ya guys, mau kalian pasang budget 500 juta buat ngiklan umpan lele, sah-sah saja, namanya juga atuh dunia marketing memang lahan basah tentang duit-duit-duit. SEMUA BERGANTUNG PADA PADA FAKTOR PASAR! 

CONTOH: Jumlah Demand dan Supply iklan tersebut, Contoh jumlah pengiklan umpan lele terlalu banyak di waktu tersebut secara otomatis harganya meroket sampai planet pluto.

Tidak seperti advertiser kawan-kawan; Meta, Tiktok yang menggunakan CPM (Cost Per Mile - Biaya per 1000 impressions) atau seberapa besar nilai BID/duit yang anda tawarkan. Kalau anda tidak tahu saya jelaskan.

CONTOH: Anda memasang biaya 10 Juta/1000 impres untuk iklan umpan lele, tapi ternyata marketnya sedang terjadi iklan umpan lele sedang di harga 10 juta lebih 1000 perak, hanya karena perbedaan 1000 perak, kalian kalah lelang dan iklan kalian tidak akan tayang.

Nah, biasanya yang menentukan nilai harga biaya CPM ya yang punya rumah dong alias platformnya sendiri TAMU HARUS NURUT!. Semakin besar jumlah target market kalian, CPM cenderung lebih kecil dan relevansi lebih rendah, Nah, kalau target marketnya lebih sempit harga BID akan meninggi dan akan menjadi relevan, Ya intinya target market anda-anda bakal mudah untuk menemui anda, ADA HARGA, ADA VIEWERS HEHE. Anda harus bayar ketika iklan tayang, walaupun outputnya jelek, saya kasih qoutes;

Definisi CPM plesetan; "Persetan dengan tidak ada interaksi bagus, yang penting loe bayar hehe" Said Product manager TokTok.

GOOGLE ADS MEMAKAI CPC, BUKAN CPM !

Karena bahasannya kita tentang google ads jadi kita perjelas lagi teknikalnya disini; untuk GOOGLE ADS menggunakan CPC alias anda bayar iklan kalian ketika iklan kalian di klik oleh user. Terus pertanyaannya gimana kalau banyak yang menggunakan keyword iklan yang sama seperti contoh umpan lele? ya kembali lagi yang punya budget lebih besar penempatann iklannya akan paling atas hehe nasib... nasibbbbb. Anda-anda masih bingung juga? oke saya kasih contoh~

Contoh: Ada orang yang memasang iklan tentang "umpan ikan lele", dan yang memasang iklan tersebut hanya si budi itu juga pasang harga hanya RP 500 perak. Maka harga CPC saat waktu itu juga hanya Rp 500 perak, Tapi kalau ada orang lain yang memasang CPC lebih dari uang BUDI contoh si ANDI Rp 700 perak maka andi memenangkan BID dan iklannya dipasang paling atas menandingi iklan si BUDI.

Terus kita gimana cara kita tau harga keyword yang sedang berlangsung bang? kita menggunakan jurus Keyword Planner alias kita menggunakan tools yang sudah disediakan di google ads untuk CEK OMBAK beberapa keyword disitu. Tapi ingat semua itu hanya perkiraan dari ratusan keyword yang terjadi alias harga panasnya itu berubah-rubah.

MENGGUNAKAN FITUR AUTOMATED BIDDING, UNTUK MENENTUKAN BID OTOMATIS

Semua platform ads di seluruh muka bumi ini hampir menyedikan fitur bid otomatis alias bukan kalian yang menentukan harga tapi algoritma platform tersebut, eitsss tapi kalian jangan "wowww kerenn kita langsung pake aja !" . Walaupun terkesan seperti mempermudah tetapi ini ini adalah cara untuk mempercepat terkuras habisnya saldo, karena saldo kita akan terpotong otomatis besar atau kecilnya bid dengan keputusan ada di machine learning google. 

Kelebihan BID OTOMATIS:

  • Dijangkau tepat sasaran
  • Iklan tidak selalu tayang diwaktu yang salah
  • Ads muncul membaca situasi yang tepat
  • Ya pokok`e iklan anda-anda ini dipegang sama yang punya warung haha!

Tapi ada kok yang hasilnya bagus, ada juga yang tidak, ya namanya juga seperti quotes berikut~

"Marketing bukan sesuatu hal yang pasti"

KESIMPULAN

Kesimpulannya yaitu sebenarnya menyelami dunia advertiser itu mudah, tapi karena banyak bahasa inggris yang tidak anda-anda mengerti jadi terkesan rumit. Tapi inget ya kalau kalian ingin melakukan pengikalan pastikan produk kalian itu bagus dan sudah terbukti terjual sebelum advertiser berjalan.  Percuma anda-anda menggunakan jasa agency tapi produk anda itu JELEK hehe, Jadinya anda kesel sama agency karena sales tidak bagus terus lebih parahnya lagi anda tidak membayar agency tersebut, ASTAGFIRULAH!.

Tapi kalau kalian tidak punya budget untuk bayar agency dan kalian masih bingung setelah membaca artikel ini, Saya bersedia menjadi konsultasi gratis untuk bisnis-bisnis anda sekalian, apa sih yang tidak saya berikan kepada anda-anda hehe. Tulis dikomentar email kalian saja ya, nanti saya kontak emailnya, terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak